Kenali Jenis Atap Rumah Ekonomis Minimalis Terbaik dan Kelebihannya
2023-02-27
Ketahui Cara Pemasangan Atap Fiber Semen
2023-02-28

5 Penyebab & Cara Mengatasi Atap Rumah yang Bocor

Atap rumah bocor harus segera diatasi supaya air hujan tidak merembes ke dalam ruangan dan merusak perabotan yang ada di dalam rumah. Bila dibiarkan area rembesan bisa meluas. Sehingga Anda tidak akan merasa tenang meninggalkan rumah saat musim hujan.

Karena itulah sebaiknya segera perbaiki atap yang bocor, sebelum kondisinya semakin parah. Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mencari tahu sumber dan penyebab kebocoran.

Dengan cara melihat langsung ke bagian atap rumah. Apakah ada genteng yang rusak, celah terbuka, atau bentuk kerusakan lainnya.

Penyebab Atap Rumah Bocor

Atap yang bocor merupakan masalah yang sering dialami penghuni rumah di musim hujan. Karena pada saat hujan turun lah pemilik rumah baru bisa menyadari ada kerusakan pada atap. Atau menyadari pemasangan atap yang tidak sesuai.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan atap bocor, di antaranya yaitu:

A. Hujan yang Deras

Terkadang kebocoran atap baru terjadi saat ada hujan dengan intensitas cukup deras disertai angin. Air hujan turun dengan arah atau kemiringan tertentu. Akhirnya air masuk melalui celah dan sela-sela atap rumah.

Namun saat hujan tidak terlalu deras, air tidak merembes ke dalam atap. Meski begitu sebaiknya Anda tetap mengecek kondisi atap yang menjadi titik kebocoran. Kemudian beri cairan pelapis agar atap bisa rapat kembali.

B. Usia Pemakaian Genting

Cuaca yang terus berubah-ubah dari panas kemudian dingin bisa membuat material atap rusak dalam jangka waktu tertentu. Usia pemakaian yang sudah cukup lama akan membuat genting rentan retak.

Tapi ada juga jenis atap yang mudah rusak meskipun masih baru. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh bahan atap yang kurang berkualitas. Sehingga tidak kuat dengan perubahan cuaca.

C. Pemasangan Atap Kurang Tepat

Atap rumah bocor bisa juga disebabkan oleh pemasangan atap yang kurang tepat. Pemasangan genting tidak sesuai prosedur akan menimbulkan celah di antara atap rumah dan bisa membuat genting mudah bergeser.

Akhirnya saat turun hujan, air akan masuk dengan mudah ke celah-celah terbuka. Maka dari itu sebaiknya gunakan jasa tukang yang sudah biasa memasang atap rumah.

D. Sudut Kemiringan yang Kurang

Indonesia merupakan negara tropis yang sering diguyur hujan, itulah mengapa rumah-rumah dibangun dengan atap yang miring. Agar air hujan yang mengenai atap bisa langsung mengalir ke tanah.

Ternyata sudut kemiringan atap yang kurang tepat bisa menyebabkan atap bocor. Idealnya atap rumah memiliki kemiringan 10-15 derajat atau lebih besar lagi. Jika kemiringan atap rumah kurang, jalannya air hujan menuju tanah akan terhambat.

Air bisa tergenang di beberapa area atap, kemudian merembes ke bagian dalam rumah. Akhirnya membuat atap rumah bocor.

E. Talang Air Penuh Kotoran

Talang merupakan saluran buatan yang dipasang dekat atap. Berfungsi sebagai tempat menampung air hujan yang jatuh dari atap. Kemudian mengalirkannya ke bagian bawah rumah atau tanah.

Jika talang dipenuhi oleh kotoran seperti daun-daun kering dan rating, aliran air hujan akan terhambat. Hal inilah yang membuat air hujan menggenang di dalam talang.

Lama kelamaan air yang menggenang tersebut, akan masuk ke retakan atau celah yang ada di atap rumah.

Itu dia penyebab dari atap rumah yang bocor. Mengetahui faktor penyebabnya akan memudahkan Anda saat mengatasi sumber kebocoran atap. Serta dapat membantu Anda melakukan upaya pencegahan agar atap rumah tidak bocor.

Caranya yaitu dengan memeriksa kondisi atap rumah secara berkala. Untuk memastikan tidak ada bagian atap yang bocor, bergeser, retak ataupun rusak.

Cara Mengatasi Atap Rumah Bocor

Atap adalah bagian rumah yang sangat terpengaruh dengan perubahan cuaca. Atap rumah harus menahan terik panas matahari, angin yang kencang, dan air hujan selama bertahun-tahun. Wajar bila ketangguhan atap rumah mulai berkurang setelah beberapa tahun.

Biasanya penghuni rumah baru mengetahui atap rumah retak dan bocor ketika turun hujan dan air masuk ke dalam rumah. Apabila terjadi kebocoran pada atap, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Cari Titik Kebocoran Atap

Titik kebocoran atap bisa dengan mudah ditemukan bila turun hujan. Tapi jika cuaca cukup cerah Anda bisa meminta anggota keluarga untuk naik dan menyiram atap menggunakan selang air.

Siram secara menyeluruh semua bagian atap, sedangkan Anda memperhatikan dari bagian dalam rumah. Tak lama dari itu, Anda akan menemukan titik atap yang bocor dengan mudah.

Jika di rumah Anda terdapat loteng, Anda bisa memeriksa titik kebocoran atap langsung dari bagian loteng. Cari area yang meninggalkan bekas berupa noda air ataupun jamur.

2. Periksa Genting yang Bergeser

Anda juga perlu memeriksa genting apakah ada yang bergeser atau retak. Setelah menemukannya, geser genting kembali ke posisi semula dengan perlahan. Pastikan Anda tidak mengubah posisi genting yang lain atau kebocoran akan semakin parah

Jika Anda menemukan genting yang sudah retak dan rusak, sebaiknya ganti dengan genting yang baru. Pemasangan genting baru juga harus dilakukan dengan hati-hati.

3. Membersihkan Talang Air

Bersihkan talang air dari kotoran yang menyumbat jalannya air. Pembersihan talang ini harus dilakukan dengan rutin, untuk memastikan tidak ada lagi kotoran yang menutup saluran talang.

4. Menggunakan Sealant

Cara mengatasi atap rumah bocor yang cukup ampuh adalah dengan mengaplikasikan sealant pada atap yang retak.

Caranya cukup oleskan sealant di atas permukaan genting yang retak. Kemudian biarkan beberapa jam sampai mengering. Sealant akan menutup keretakan halus pada atap dengan sempurna.

5. Mengaplikasikan Cairan Waterproofing

Selain menggunakan sealant atap rumah yang bocor juga bisa diatasi dengan cairan waterproofing. Cairan pelapis khusus ini akan menjaga agar air tidak kembali merembes ke dalam rumah.

Pengaplikasian cairan waterproofing harus dilakukan saat cuaca sedang cerah. Tidak akan optimal jika Anda melakukannya di musim hujan. Karena waterproofing membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari, sampai benar-benar mongering sempurna.

6. Melapisi bagian Bawah Atap dengan Plastik

Cara alternatif lain untuk mengatasi atap rumah bocor dengan cepat yaitu memberi lapisan plastik di bagian bawah atap. Plastik akan menutup celah-celah dan membuat air hujan tidak bisa masuk ke dalam rumah.

7. Memeriksa Penutup Lubang Ventilasi

Beberapa rumah memiliki lubang ventilasi pada atapnya, yang ditutup dengan atap atau tambahan terpal. Kebocoran bisa berasal dari terlepasnya penutup lubang ventilasi.

Jika ternyata titik kebocoran memang dekat dengan lokasi lubang ventilasi, sebaiknya Anda cek ventilasi di atap apakah memang bergeser atau terlepas. Kemudian perbaiki sampai ventilasi atap dapat tertutup kembali dengan sempurna.

Segera tangani atap rumah yang bocor sebelum rembesan air semakin meluas. Pastikan Anda selalu mengecek kondisi atap rumah secara berkala. Untuk memastikan tidak atap yang bergeser, retak atau rusak.

Selain itu bersihkan bagian atap terutama talang air untuk mencegah terjadinya sumbatan. Namun bagi Anda yang menginginkan atap rumah yang minim perawatan, kuat, dan tahan lama, maka pilih atap yang terbuat dari bahan berkualitas.

Atap fiber semen dari Djabesmen bisa menjadi pilihan tepat untuk mencegah atap rumah bocor pada hunian Anda. Produk dari Djabesmen ini sudah berstandar SNI, dan tersedia dalam beberapa tipe atap lengkap dengan aksesoris tambahan.

Ikuti kabar terbaru dari Djabesmen melalui akun media sosial kami, agar Anda tidak ketinggalan informasi menarik. Dapatkan informasi dari Instagram, Facebook , Youtube dan Tiktok .

Anda juga dapat menghubungi Djabesmen melalui https://linktr.ee/contactdjabesmen/, untuk informasi lebih lengkap. Temukan atap kuat dan anti bocor di Djabesmen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

google6fbcfdd73bb6cad4.html