Manfaat dari Plafon Rumah

15 Apr, 2024

Manfaat plafon rumah tidak hanya meliputi tampilan rumah tetapi juga berperan penting dalam melindungi ruangan dari kebocoran. Maka dari itu, keberadaannya sangat penting sehingga harus dimiliki oleh setiap rumah atau bangunan. 

Apakah Anda sudah tahu betul mengenai manfaat-manfaat yang ditawarkan oleh plafon rumah? Jika belum mengetahui detailnya, lebih baik jangan lewatkan informasi menarik dalam pembahasan berikut!

4 Manfaat Plafon Rumah dari Segi Estetika 

Pemasangan plafon dapat memberikan berbagai dampak positif dari segi tampilan rumah. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai hal tersebut:

  • Menutupi Jaringan Kabel Listrik

Setiap rumah pasti memiliki sistem kelistrikan untuk menunjang kebutuhan energi. Jaringan kabel listrik umumnya terletak di bagian atas ruangan dan cukup mengganggu jika tidak ditata dengan baik. 

Agar ruangan terlihat lebih rapi, maka jaringan kabel-kabel tersebut harus ditutupi. Dengan pemasangan plafon rumah Anda dapat menyembunyikan elemen instalasi listrik yang terlihat berantakan.

Selain berfungsi menutupi kabel kelistrikan, plafon rumah juga berguna untuk mencegah terjadinya korsleting pada jaringan kabel listrik. 

  • Membatasi Atap dengan Ruangan 

Manfaat plafon rumah berikutnya yaitu sebagai bagian pembatas antara bagian atap dengan ruangan. Tanpa pemasangan plafon, konstruksi rangka atap akan terlihat jelas sehingga akan mengurangi nilai estetika ruangan.

Rumah terlihat tidak tertata rapi dan kotoran dari atap akan turun mengotori lantai dan perabotan. Tentu hal tersebut dapat mengganggu kebersihan rumah dan kesehatan para penghuninya. 

  • Menambah Estetika Interior

Salah satu manfaat plafon rumah adalah sebagai komponen untuk meningkatkan nilai estetika ruangan.  Interior akan terlihat lebih hidup jika ruangan sudah dilengkapi plafon. 

Pemilihan jenis plafon yang tepat akan memberi sentuhan manis pada tampilan rumah. Itu sebabnya, Anda harus memilih jenis plafon sesuai desain interior rumah agar terlihat selaras. 

  • Membuat Ruangan Terlihat Rapi

Pemasangan plafon pada rumah memerlukan biaya yang lumayan besar. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menunda instalasinya. Anggap saja sebagai investasi jangka panjang karena manfaat plafon rumah sangat penting.

Ruangan yang sudah dipasang plafon akan terlihat lebih rapi dan indah, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan nilai jual rumah.

Elemen-elemen yang ada di dalam ruangan akan terlihat lebih menawan, apalagi jika ditunjang dengan pencahayaan yang tepat.

Pexels

5 Manfaat Plafon Rumah dari Segi Fungsinya

Selain meninjaunya dari sisi estetika, Anda juga perlu mengetahui manfaat plafon dari segi fungsi utamanya. Berikut beberapa fungsi plafon rumah yang paling utama:

  • Tempat Memasang Antena

Di era serba canggih seperti sekarang sudah bukan jamannya menggunakan antena outdoor. Kebanyakan orang sekarang lebih memilih memakai jenis antena indoor karena instalasinya lebih praktis dan mudah.

Antena indoor juga lebih aman dari sambaran petir dan kencangnya angin. Plafon menjadi tempat paling ideal untuk memasang antena indoor. Tanpa ada plafon rumah Anda pasti kesulitan mencari tempat untuk meletakkannya. 

  • Tempat Soket Lampu

Lampu menjadi salah satu benda penting yang wajib ada di rumah. Keberadaan lampu berfungsi sebagai pencahayaan buatan untuk menerangi setiap ruangan. Posisi peletakan lampu juga patut diperhatikan secara cermat.

Idealnya lampu berada di posisi atas ruangan agar cahayanya menyebar luas. Oleh sebab itu, soket atau dudukan lampu umumnya dipasang di bagian plafon rumah. 

  • Meminimalisir Kotoran Jatuh dari Atap

Manfaat plafon rumah juga berguna untuk mencegah kotoran jatuh ke lantai. Kotoran cicak dan serangga yang tinggal di atap rumah akan menumpuk dan lama kelamaan akan berjatuhan ke bawah.

Dengan adanya plafon, rumah Anda akan terbebas dari debu dan kotoran hewan yang ada di atap. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat membantu menjaga kebersihan ruangan di dalam rumah. 

  • Ruangan Menjadi Kedap Suara

Manfaat plafon juga datang dari segi akustik karena komponen ini mampu membuat ruangan menjadi kedap suara. Suara di dalam ruangan tanpa plafon akan lebih mudah menyebar ke ruangan lain bahkan sampai ke luar rumah.

Namun, hal tersebut akan berkurang jika Anda memasang plafon. Bahkan pada jenis plafon tertentu dapat mengurangi penyebaran suara secara signifikan. Ini terjadi karena suara di bagian bawah atap terhalang material plafon saat akan menyebar.  

  • Dapat Dijadikan Gudang

Mungkin banyak orang tidak sadar jika plafon rumah dapat dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan barang. Beberapa desain plafon rumah dirancang secara khusus sebagai gudang rahasia.

Jenis-Jenis Plafon Rumah yang Paling Populer

Apakah Anda hendak melakukan instalasi plafon rumah? Memilih plafon rumah yang tepat memang tidak mudah apalagi jika paham dengan jenis-jenisnya. Supaya dapat menentukan mana yang paling tepat, sebaiknya pahami poin-poin berikut:

  • GRC

Saat ini plafon GRC (Glass Fiber Reinforced Cement Board) sangat populer karena memiliki banyak kelebihan. Selain anti air plafon GRC juga tahan terhadap api dan lebih kuat bila dibandingkan dengan plafon tripleks. 

Plafon ini dapat dipasang pada rangka kayu dan besi, sehingga dapat digunakan di semua rumah. Namun, kekurangannya terletak pada proses instalasinya yang tergolong cukup rumit, sehingga memerlukan jasa profesional untuk memasangnya. 

  • PVC

Jenis plafon selanjutnya terbuat dari bahan PVC (Polyvinyl Chloride). Material ini dikenal sebagai bahan utama dalam produksi pipa air. 

Namun, sekarang PVC juga digunakan sebagai bahan pembuatan material bangunan salah satunya plafon. Plafon PVC memiliki banyak kelebihan di antaranya:

  • Bobotnya ringan sehingga memudahkan dalam proses pemasangan;
  • Tahan terhadap api, air, dan serangan rayap;
  • Menawarkan tampilan yang menarik;
  • Tersedia berbagai pilihan warna.

Kekurangannya tidak bisa dicat menggunakan cara manual, sehingga harus menggantinya dengan yang baru jika ingin mengubah tampilannya. Plafon PVC dijual dengan harga mahal, sehingga tidak semua orang dapat menjangkaunya.

  • Gypsum

Selain GRC dan PVC, plafon gypsum juga cukup populer karena tersedia dalam berbagai model dan harganya tergolong murah. Maka tak heran jika jenis plafon ini banyak diminati masyarakat. 

Namun, sayangnya plafon gypsum mudah menyerap air, sehingga bebannya akan meningkat. Jika, rumah sering mengalami kebocoran maka plafon tersebut akan lebih mudah lapuk dan roboh. 

  • Eternit

Jenis plafon eternit terbuat dari campuran material semen dan kain perca, sehingga lebih tahan api dan tidak mudah lapuk karena tetesan air hujan. Selain itu, plafon eternit juga dapat memberi rasa sejuk pada ruangan di dalam rumah.

Harganya termasuk murah dengan kelebihan yang ditawarkan, maka tak heran jika banyak ditemui di rumah-rumah jaman sekarang. 

Tapi, sayangnya proses pemasangan plafon eternit tidak mudah karena harus ekstra hati-hati. Ini karena materialnya mudah patah bila dibandingkan dengan jenis plafon lainnya. 

Jadi, itulah beberapa jenis plafon rumah yang paling sering digunakan masyarakat. Anda dapat memilihnya sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki untuk mendapatkan yang terbaik.

Hunian Anda wajib menggunakannya karena manfaat plafon rumah tidak sekadar untuk estetika. Tapi, juga memiliki fungsi penting lainnya yang sudah dijelaskan pada pembahasan di atas.

Selain plafon, jangan lupa untuk menggunakan atap berkualitas tinggi dari Djabesmen! Anda bisa klik di sini untuk memperoleh informasi lebih detail.

Muat Lebih Banyak
Artikel Lainnya
...
Tips & Trik
Apr 19, 2024
Jenis-Jenis Plafon Rumah yang Wajib Anda Tahu!

Sebelum membeli, kenali dulu setiap jenis plafon rumah agar tidak salah pilih! Berikut penjelasan selengkapnya.


Baca Selengkapnya arrow_right_alt
...
Tips & Trik
Apr 12, 2024
Peran Penting Atap dalam Efisiensi Energi

Anda sekarang dapat melakukan efisiensi energi melalui pemilihan atap yang tepat. Bagaimana bisa? Berikut ini peran atap dalam penghematan energi!


Baca Selengkapnya arrow_right_alt
...
Tips & Trik
Apr 09, 2024
Apa Itu Nok Atap?

Nok atap atau bubungan berfungsi melindungi rumah dari cuaca buruk. Ketahui fungsi dan jenis-jenisnya di sini!


Baca Selengkapnya arrow_right_alt
...
Tips & Trik
Apr 08, 2024
Ini Pentingnya Mengetahui Detail-Detail Kecil dalam Konstruksi Atap

Penting untuk mengetahui detail dalam konstruksi atap saat membangun rumah. Mengapa? Intip penjelasannya pada artikel berikut ini!


Baca Selengkapnya arrow_right_alt
...
Tips & Trik
Apr 05, 2024
Keunggulan Atap Fiber Semen Djabesmen

Atap fiber semen Djabesmen memiliki banyak keunggulan yang bisa Anda pertimbangkan untuk membangun rumah. Berikut ini penjelasan lengkapnya!


Baca Selengkapnya arrow_right_alt
...
Tips & Trik
Apr 03, 2024
Ini Alasan Kenapa Atap Fiber Semen Djabesmen Layak Anda Perhitungkan

Apa saja alasan atap fiber semen Djabesmen layak diperhitungkan? Berikut keunggulan produk Djabesmen selengkapnya.


Baca Selengkapnya arrow_right_alt
Video

Atap Kuat dan Kokoh Cocok Untuk Segala Jenis Bangunan

Terhubung Dengan Kami

Lengkapi formulir dibawah ini dan dukungan pelanggan kami akan segera menghubungi Anda.

+62
Alamat
Head Office
JL. Suryopranoto No. 28
Jakarta 10130 Indonesia.
Telp. (6221) 6321818
Fax : (6221) 632 5649
close
Kalkulator Hubungi Kami Project Whatsapp